Minggu, 08 September 2019

Kelebihan dan Kekurangan DBMS Software Oracle,Microsoft SQL Server, My SQL, dan Postgre SQL


Pengertian DBMS

Apa itu DBMS atau Database Management System? Pengertian DBMS adalah suatu sistem atau aplikasi yang didesain spesifik buat mengelola suatu database dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta oleh poly pengguna.
Tujuan primer penggunaan DBMS pada jaringan komputer adalah untuk menghindari kekacauan dalam hal pengolahan data yang jumlahnya besar. DBMS adalah mediator bagi pengguna dan database, dan agar mampu berinteraksi dengan DBMS maka pengguna wajib menggunakan bahasa database yang sudah dipengaruhi.
Ada dua jenis bahasa personal komputer yang sanggup digunakan pada berinteraksi dengan DBMS, yaitu:
Data Definition Language (DDL) yaitu; digunakan buat menggambarkan desain dari basis data yang secara keseluruhan, mulai menurut membuat tabel baru, memuat indeks, juga mengganti tabel.
Data Manipulation Language (DML); digunakan buat memanipulasi dan juga merogoh data berdasarkan database, menghapus data menurut database, dan juga mengubah data pada suatu database.
Pengertian DBMS Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami arti DBMS, maka kita bisa merujuk dalam pendapat para pakar berikut ini:

1. Rogayah

Menurut Rogayah, pengertian DBMS adalah suatu sistem yang mampu menyusun dan mengelola berbagai record memakai komputer buat menyimpan atau merekam serta memelihara data operasional lengkap sebuah organisasi/ perusahaan sehingga mampu menyediakan liputan yang optimal yang diharapkan pada proses mengambil keputusan

2. Waliyanto

Menurut Waliyanto, pengertian DBMS adalah suatu adonan dan juga jua deretan antara basis data (database) menggunakan Database Management System (DBMS) atau sistem manajemen basis data (SMBD).

3. C.J. Date

Menurut Date C.J. Date, definisi DBMS adalah tempat atau lokasi buat sekumpulan berkas data yang sudah terkomputerisasi menggunakan tujuan untuk memelihara kabar, dan pula memuat berita tadi, terutama bila keterangan tadi sedang dibutuhkan.

4. S. Attre

Menurut S. Attre, pengertian DBMS merupakan semua yang berkaitan dengan software, hardware, firmware dan juga banyak sekali prosedur yang mengelola database. Firmware adalah perangkat lunak yang telah menjadi modul yang tertanam pada hardware (ROM).

5. Gordon C. Everest

Menurut Gordon C. Everest, pengertian DBMS adalah manajemen yang efektif buat mengorganidit sumber daya data. Dengan istilah lain, Sistem Basis Data adalah sistem pengorganisasian dan sistem pengolahan Database dalam komputer.


Macam Macam DBMS 


Oracle

Pengertian : Relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi.

Sejarah Singkat : Perusahaan Oracle didirikan pada tahun 1977 oleh tiga orang programmer, Bob Miner, Ed Oates, dan Larry Ellison yang menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) selama beberapa tahun sampai saat ini.


Kelebihan :

1. Memiliki kemampuan yang baik untuk melakukan manajemen sistem database

2. Mengelola data dengan cepat dan akurat

3. Jumlah data maupun angka yang di handle sangat besar

4. Dapat melakukan management user

5. Memiliki kemampuan akses cluster server

6. Multi-Platfrom


Kekurangan :

1. Harga software DBMS mahal

2. Spesifikasi minimum hardware yang tinggi

3. Tidak bersahabat untuk digunakan perusahaan kecil

4. Rumit dalam pengaplikasiannya


Microsoft SQL Server

Pengertian : sistem manajemen database relasional ( Relational Database Management System (RDMS) ) yang dirancang untuk aplikasi dengan arsitektur client/server. Istilah client, server, dan client/server dapat digunakan untuk merujuk kepada konsep yang sangat umum atau hal yang spesifik dari perangkat keras atau perangkat lunak. Pada level yang sangat umum. CLIENT adalah setiap komponen dari sebuah sistem yang meminta layanan atau sumber daya (resource) dari komponen sistem lainnya. SERVER adalah setiap komponen sistem.
Sejarah Singkat : SQL sendiri dicetuskan oleh ide dari seorang peneliti IBM mengenai database atau basis data, dimana membahas mengenai suatu ide mengenai pembuatan dari sebuah relational databse, yang dibuatkan menjadi sebuah artikel ilmiah pada tahun 1970-an. Pada akhirnya, sistem ini akhirnya dikembangkan oleh IBM dengan nama Sequel, yang kemudian berubah menjadi SQL, yang digunakan hingga saat ini dan dikembangkan oleh berbagai vendor DBMS di dunia, salah satunya adalah Microsoft SQL.


Kelebihan :

1. Bekerja dengan sangat baik pada sistem operasi Windows
2. Mendukung banyak software database
3. Dapat membuat clustering data
4. Pengendalian dari sebuah database yang terpusat
5. Mudah untuk digunakan oleh client dan juga user
6. Memiliki fitur recovery dan juga restore data
7. Management password yang baik dan aman
8. Bisa digunakan di berbagai kalangan
9. Dapat melakukan backup data

Kekurangan :

1. Harga belinya yang lumayan tinggi
2. Tidak multi OS, hanya bisa digunakan pada sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft
3. Sulit digunakan pada bahasa pemograman lain
4. Tidak cocok untuk skala database besar


My SQL

Pengertian : sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multialur, multipengguna.

Sejarah Singkat : MySQL pada awalnya diciptakan pada tahun 1979, oleh Michael "Monty" Widenius, seorang programmer komputer asal Swedia.

Kelebihan :

1. Berlisensi GPL dan Multi Platform.
2. Dapat diintegrasikan dengan beberapa bahasa Pemrograman seperti .Net, Java, Python, Perl yang merupakan bahasa pemrograman yang paling dominan di kalangan programmer.
3. Mendukung ODBC untuk sistem operasi Windows sehingga bisa digunakan aplikasi yang berjalan diwindows.
4. Bisa dijalankan pada spesifikasi hardware yang rendah karena lebih hemat resource memory (dibandingkan database lain) sehingga mudah digunakan untuk bahan pembelajaran.
5. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari 20 bahasa meskipun bahasa indonesia belum termasuk didalamnya.
6. MySQL dapat diintegrasikan dengan Hosting

Kekurangan :

1. Banyak mengklaim kurang support terhadap pemrograman Visual/Desktop, sehingga sedikit yang menggunakan untuk aplikasi visual.
2. Karena berlisensi GPL sehingga sulit mendapatkan update untuk problem yang urgent, sehingga perusahaan skala menengah keatas lebih memilih RDBMS berlisensi dan disupport seperti Oracle dan MS SQL Server
3. Sangat diragukan dalam menangani data skala besar, karena ada beberapa opini yang pro dan kontra terhadap kemampuan MySQL terhadap pengolahan data yang besar.


Postgre SQL

Pengertian : Sebuah sistem basis data yang disebarluaskan secara bebas menurut Perjanjian lisensi BSD. Peranti lunak ini merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle. PostgreSQL menyediakan fitur yang berguna untuk replikasi basis data.

Sejarah Singkat : Postgres pada awalnya dikembangkan oleh mahasiswa dan staff programmer University of California, Berkeley, dibawah arahan Professor Michael Stonebraker. Sofware ini mulanya dinamai Postgres, tetapi karena banyak tambahan untuk fungsi fungsi SQL maka pada tahun 1995 namanya diganti Postgres95, dan sejak tahun 1996 nama yang digunakan hingga sekarang adalah PostgreSQL.

Kelebihan :

1. PostgreSQL memiliki arsitektur multiproses (forking) yang berarti memiliki stabilitas yang lebih tinggi, sebab satu proses anak yang mati tidak akan menyebabkan seluruh daemon mati meskipun pada kenyataannya, dulu ini sering terjadi.
2. Dalam kondisi load tinggi (jumlah koneksi simultan besar), kecepatan PostgreSQL sering mengalahkan MySQL untuk query dengan klausa JOIN yang kompleks, hal ini dikarenakan PostgreSQL mendukung locking di level yang lebih rendah, yaitu row.
3. PostgreSQL memiliki fitur OO seperti pewarisan tabel dan tipe data, atau tipe data array yang kadang praktis untuk menyimpan banyak item data di dalam satu record.Dengan adanya kemampuan OO ini maka di PostgreSQL, kita dapat mendefinisikan sebuah tabel yang mewarisi definisi tabel lain.
4. PostgreSQL menyediakan hampir seluruh fitur-fitur database seperti yang terdapat dalam produk database komersial pada umumnya.
5. PostgreSQL pun memiliki tipe data geometri (seperti titik, garis, lingkaran, poligon) yang mungkin berguna bagi aplikasi ilmiah tertentu
6. PostgreSQL memberikan kita kemampuan mendefinisikan sebuah field sebagai array.
7. PostgreSQL memiliki hampir semua fasilitas standar yang biasanya diinginkan: view (tabel virtual), trigger, subselek, stored procedure (dalam beberapa bahasa), dan foreign key constraint
8. PostgreSQL juga memiliki apa yang disebut rule, yaitu tindakan custom yang bisa kita definisikan dieksekusi saat sebuah tabel di-INSERT, UPDATE, atau DELETE
9. Postgres juga mempunayai kemampuan untuk membuat konektifitas dengan database lain seperti pgdump, Interbase, pgaccess dan hampir semua database pada Linux.
10. Kemampuannya menampung data spasial, sehingga ia bisa digunakan dalam pembuatan situs yang berbasis WebGIS untuk pemetaan dan sebagainya.
11. PostgreSQL memiliki lisensi GPL (General Public License) dan oleh karena itu PostgreSQL dapat digunakan, dimodifikasi dan didistribusikan oleh setiap orang tanpa perlu membayar lisensi (free of charge) baik untuk keperluan pribadi, pendidikan maupun komersil.
12. PostgreSQL mendukung banyak jenis bahasa pemrograman,antara lain: SQL, C, C++, Java, PHP, etc.
13. PostgreSQL juga merupakan alternative untuk sistem database open-source lainnya seperti MySQL dan Firebird, terutama sistem proprietari seperti Oracle, Sybase, IBM’s DB2dan Microsoft SQL Server.

Kekurangan :

1. kurang begitu populer dan cocok bekerja di lingkungan web jika   dibandingkan dengan mysql.

2. Kurang fokus dalam hal kelangsingan dan kecepatan.

3. Arsitektur dengan multiproses ini sulit diterapkan ke Windows, sebab Windows amat thread-oriented.

4. PostgreSQL sendiri saat ini bisa dijalankan di Windows, tapi melalui lapisan emulasi Cygwin.

5. Kurang unggul dalam hal ketersediaan fungsi built-in.

6. Replikasi di PostgreSQL sendiri belum disertakan dalam distribusi standarnya

7. PostgreSQL sendiri terbatas hanya bisa melakukan penambahan kolom, penggantian nama kolom, dan penggantian nama table





Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/MySQL
https://id.wikipedia.org/wiki/PostgreSQL
https://teknologidaninformasiumb.blogspot.com/2014/11/sejarah-postgresql-dan-membuat-database.html
https://dosenit.com/software/dbms/kelebihan-dan-kekurangan-postgresql
https://pumpkinnana.blogspot.com/2019/09/kelebihan-dan-kekurangan-dbms-software.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar